Posted by: mejagambar | August 20, 2009

Rumah Kayu Kelapa, Alternatif Rumah Tinggal Unik dengan Biaya Relatif murah

Salah satu material yang cukup berlimpah di Indonesia adalah kayu kelapa. Walaupun jarang digunakan sebagai material bangunan karena kayu ini keras dan teksturnya kasar. Namun bila diolah dengan tepat akan menghasilkan bangunan yang unik, karena tekstur kayu kelapa sangat khas, tetapi finishingnya tidak bisa sehalus kayu borne, meranti, ataupun kamper.

Harganya pun jauh lebih murah bila dibandingkan dengan kayu seberang (sumatera, Kalimantan). Rumah kayu yang terbuat dari kayu kelapa biayanya sekitar 1,2 juta -2juta /m2 bandingkan bila menggunakan kayu seberang yang harganya bisa diatas 3 juta/ m2.

tampak depan kanan

Desain rumah saya buat dua lantai, lantai bawah yang terdiri dari ruang terbuka, dapur dan kamar mandi. Bila menginginkan privasi yang lebih, ruang terbuka ini bisa ditutup kaca pada sekelilingnya. Lantai atas terdiri dari dua buah kamar tidur dan satu buah kamar mandi, juga sebuah ruang yang bisa digunakan sebagai ruang tivi.

tampak depan kiri

Luas bangunan lantai bawah adalah 35 m2, lantai atas pun sama luasnya 35 m2. idealnya rumah ini didirikan pada lahan yang luasnya minimal 120 m2.

Untuk konstruksi saya lebih cenderung untuk menggunakan system knock down, sehingga rumah dapat dibongkar untuk dipindahkan tanpa merusak komponennya. Untuk mengerjakannya diperlukan waktu sekitar dua bulan untuk pembuatan, dan dua minggu untuk perakitan dan membutuhkan biaya sekitar 100 jutaan.

tampak belakang

Model rumah kayu kelapa lainnya dapat dilihat di sini….

Responses

  1. unik banget

  2. Oh,, so pasti unik.. yang design juga unik,, hehehe..

    • unik tapi kece….

  3. saya tertarik dengan pembangunan rumah dengan kayu kelapa?
    bisa tidak yaa, lantai satu bangunan tembok, dan lantai 2 dinding dan lantainya dari kayu?
    Atau ..lantai dua, dindingnya tembok (bata merah) lantainya saja yg kayu. Kira2 bagaimana ya? apakah mencukupi persyaratan rumah yg nyaman?
    dan perkiraan biayanya berapa mas? untuk lantai 2 yg luasnya 30 m2. (kamar tidur 2, kamar mandi dan ruang bersama).
    Mohon pencerahannya yaa
    Melayani untuk yg lokasinya di depok ngak mas?

    • Bisa saja, bisa lantainya saja yang kayu atau lantai sekaligus dindingnya dari kayu, untuk biaya lebih murah daripada cor beton, karena bila rumah lantai bawahnya sudah jadi tidak perlu membogkar plafon dan membuat cetakan beton karena kayu akan menumpang di atas dinding yang sudah ada.
      Untuk kenyamanan paling suara langkah kaki terdengar dari lantai bawah, tapi itu bisa diatasi dengan menggunakan peredam berupa karet atau spon lalu lantai bawah tetap menggunakan plafon.
      Untuk sementara kami baru menangani daerah bandung dan sekitarnya

  4. Saya tertarik dengan design Rumah Kayu Kelapa anda Mas. Bisa kita kontak-kontakan melalui japri?

    Tx!

    Salam Zon

  5. bisa saya minta alamat lengkapnya?email saya gatotheru78@gmail.com

    • saya belum punya kantor yang sifatnya formal, jadi selama ini hubungan dengan klien sifatnya personal

  6. salam kenal mas,desain nya menarik,apalagi menggunakan kayu jadi lebih alami,,,

    • salam kenal juga, selain alami kayu kelapa juga ekologis, karena memanfaatkan pohon kelapa yang sudah tidak produktif dan harganya tentu saja lebih murah

  7. meng, respons trhadap gmpa tektonik-vulkanik nya udah d analisa belum ?? kalo belum, tar kita analisa, gw jg research rmh tahan gempa dr bambu, kan bs tambah inventarisasi tar nya.

    • secara ilmiah sih belum, tapi bangunan kayu kelapa yg di resort batukaras, pangandaran ketika gempa di Tasik beberapa waktu yg lalu terbukti tidak ditemukan masalah padahal getaran gempanya cukup terasa di sana

  8. bsa mta tlong besteknya dak makasih atas bantuanya

  9. Pak,
    Saya berencana ingin membuat tambahan ruang di tanah kosong 8×9 m di halaman belakang, dimana kedua samping dan belakang sudah ada tembok.
    yang ingin saya bangun adalah lantai 2 dengan 2 kamar tidur dan sisanya ruang keluarga dengan lahan 6×8 m sehingga sisanya 3×8 m merupakan ruang terbuka yang memisahkan dengan rumah induk.
    Untuk penopang lantai saya akan menyiapkan tembok yang membagi lebar tanah masing-masing 4 m, sehingga lantai bangunan menopang seluruhnya pada tembok.
    Yang saya minta dari bapak adalah pembuatan tangga kelantai 2 dan bangunan lantai 2 itu sendiri, tanpa toilet.
    Mohon dapat diberikan kisaran biayanya
    terimakasih

    • Terimakasih pak Zul atas kunjungannya,
      Untuk kondisi sekarang harga material dan ongkos kerja mulai dari 1,2 jt per m2, harga tergantung dari desain dan kualitas pekerjaannya (terutama finishing) jadi bila bangunan dengan ukuran 6x8m=48 m2 dengan harga per m2 1,2 jt adalah 57,6jt. Lokasi juga menentukan harga, harga diatas adalah estimasi bila proyek berada di wilayah Bandung
      Terimakasih.

      • Terimakasih atas jawaban bapak yang cepat, pada saat dana saya cukup saya akan segera menghubungi bapak kembali untuk detail bangunan, oh ya lokasi saya ada di cihanjuang.

  10. aslkm,,, pak saya punya rumah tipe 21. rencana tanah kosong dibelakang rumah saya yang ukurannya 8 x 6 m akan saya bangun rumah dari kayu kelapa tanpa merubah bangunan rumah asli tipe 21 yang ada di depanx kira2 desain yang bagaimana agar bisa nyambung dengan banunan aslix yang ada di depan.

    • sebaiknya diberi ruang perantara, yang berupa ruang terbuka (taman), sehingga rumah dari kayu terpisah dari bangunan asli dan bisa dihubungkan oleh selasar….

      • Kang,

        Rumah kayunya bagus, saya ada ruang terbuka di lantai 2 seluas 3,5×8,5m dan tinggi lantai 2 sekitar 5,5 m.
        saya ingin membuat lantai ke tiga dengan menambah tangga dan lantai dari kayu kelapa dengan menyisakan void untuk tangga seluas 2x3m, jadi luas lantai ke3 sekitar 24m dengan pagar void seluas 500x90cm.
        Bentuk tangga boleh L atau searah, kalau mungkin pegangan lantai memanfaatkan dinding kecuali tangga.
        Keseluruhan pekerjaan berikut finishingnya, lokasi saya di bandung.
        Mohon dapat diberikan rincian harga, lama pekerjaan

  11. Saya berencana membangun rumah dari kayu dengan 3 kamar tidur, Ruang keluarga, 2 Kamar mandi, Dapur dan kamar pembantu, saya masih cari tanah di jakarta atau di Bandung. Apakah dengan luas tanah 75 – 100 m2 cukup?

    • 75-100 m2 sudah cukup, tapi lebih baik tanahnya luas agar punya pekarangan yang luas

  12. salam hormat saya buat Bp. arsitek, Saya ada tanah 8 are pinggir pante bertebiing dengan tiga terap karna miring disenggigi lombok. dari atas terap pertama 7mtr kedua 8mtr trap ke3 7mtr dengan panjang sekitar 50mtr mohon ide konsep bangunan kayu knok down dengan konsep restoran 2 lante. mohon pake kayu klapa dengan biaya yang murah tentunya. thanx’s sebelumnya

    • salam hormat juga pak Toni, perbedaan tinggi tiap trap kira kira berapa meter?
      kalo bisa kirim juga fotonya,
      terima kasih….

  13. saya tertarik nih.. layanan anda apa saja? design, jasa pembangunan atau rumah yang sudah jadi.. Mengenai biaya bagaimana?

    • desain dan pelaksanaan, biayanya tergantung desain dan spesifikasi,

      terimakasih

  14. Assalamualaikum,

    Pak, sy ada tanah di daerah cibinong-jawa barat dgn luas 1200m2.
    sy ingin membuat bangunan rumah tipe 35 tingkat spt rmh ky kelapa yg ada di blog
    bpk (hanya semua sisi terbukanya ditutup kaca).
    rencananya rmh knok down tsb akan sy bangun kolam ikan di bawahnya dgn ukuran
    10x10m

    yang ingin sy tanyakan:
    1. berapa biaya untuk membuat rmh kayu spt kondisi di atas?
    2. untuk kmr mandi, lantainya dilapis atw berbahan apa pak?
    3. bahan kayu kelapa yg dipakai minimal umur brp & bs tahan berapa lama?

    kami tunggu respon bapak segera krn rencananya sy ingin membangun setelah hr ry
    idul fitri ini.

    terima kasih sebelumnya.

    wasl,
    Angga

    • Sudah saya jawab lewat email

      • Assalamualaikum,
        Pertanyaan saya mirip sekali dengan pak Angga, tapi tanah saya berada di cikarang dan diatas tanah sawah yg rencananya sawah tersebut akan saya jadikan kolam ikan.
        boleh kah saya juga mendapat jawaban atas pertanyaan pak Angga tersebut?

        Wassalam,
        Anna

  15. saya sangat ingin memiliki rumah kayu,namun ada pertanyaan besar yg masih terpikirkan,apakah pembuatannya lebih besar atau sama saja dengan membuat rumah berbahan dasar tembok?dan apakah dari segi usia lebih tahan yg mana?
    Mohon jawabanya kirimkan via email saya,trims sukses selalu untuk anda.

  16. Bila ada tukang yang bisa finidhing kayu kelapa segera hub kami di 02746950984 trimka kasih saya tunggu kami akan buat beberapa unit

    • Maaf pak, tukangnya sedang saya pakai semua, saat ini saya sedang mengerjakan beberapa proyek rumah kayu kelapa, terima kasih….

  17. acik nich murah2………..

  18. ang,

    Rumah kayunya bagus, saya ada ruang terbuka di lantai 2 seluas 3,5×8,5m dan tinggi lantai 2 sekitar 5,5 m.
    saya ingin membuat lantai ke tiga dengan menambah tangga dan lantai dari kayu kelapa dengan menyisakan void untuk tangga seluas 2x3m, jadi luas lantai ke3 sekitar 24m dengan pagar void seluas 500x90cm.
    Bentuk tangga boleh L atau searah, kalau mungkin pegangan lantai memanfaatkan dinding kecuali tangga.
    Keseluruhan pekerjaan berikut finishingnya, lokasi saya di bandung.
    Mohon dapat diberikan rincian harga, lama pekerjaan

  19. Pak saya ada tanah didaerah pariwisata pegunungan dgn luas 5500 m ,apakah bisa dibangun vila 2 lantai dengan perapian,type 36atau 45(2 KT) dari kayu kelapa sebanyak 20 unit,kami mohon penawaran harga melalui email saya saja dan alamat dibandungnya dimana,trims

  20. […] http://mejagambar.wordpress.com/2009/08/20/rumah-kayu-kelapa-alternatif-rumah-tinggal-unik-dengan-bi… […]

  21. Salam kenal pak. Saya rencana mo renovasi rumah, yg semula 1 lantai dikembangkan jd lt 2 tp tdk full (mezannin) 6×8 m. Dak nya rencana dr kayu klapa jg. Kira2 habis biaya brp yah pak?? ketahanan nya sp brp lama dan perawatannya gimana?? tempat tinggal sy di tangerang. Tk tanggapannya.

  22. Saya sangat tertarik dengan konsep dan designnya.dan ingin indent…..dimana saya bisa melihat yang sudah berdiri utuh ? atau saya ke showroom bapak ? Trimakasih dari Deden Ludo 08122017514

  23. haha if http://c47.ultraphotosend.com/m.php?5x7s3m7-Picture21.JPG

  24. keren gan, mau kasih info ni jual furniture jepara harga murah kualitas mewah http://www.royalmebeljepara.com salam kenal gam

  25. saya punya lahan 260m di kampung kertajaya pusat kota surabaya , ingin membuat rumah kayu sekitar 70m2 sisanya ytaman /kebon /garasi
    yg bisa buat kumpul2 keluarga n pengajian
    KT 2 dg KMluas dan terbuka , serta ruang servise
    bgmn dg penggunaan AC apakah bisa effisien
    juga daya tahan terhadap rayap , air dsb
    mohon estimasi harga n penjelasan

    salam
    pudji astuti
    0816822314

    • Nanti saya kirim usulan desainnya. penggunaan AC pada rumah kayu bisa saja, tetapi tanpa menggunakan AC pun bila sirkulasi udaranya akan terasa sejuk. untuk rayap digunakan anti rayap dan menghindari kontak langsung terhadap tanah.

      terimakasih

  26. saya ada rencana buat rumah kayu. apa bisa buat model jineng untuk 1 kamar tidur dan wc. Apa mungkin wc juga berada di dalam kamar? dan kira2 harga jadinya berapa untuk ukuran kira2 5x3m. Trims

  27. Selamat siang mas… saya lokasi di bogor. Ada tanah sekitar 850 meter dengan tekstur tanah menurun.Bagian bawah dan kanan sudah saya bangun kolam ikan….tinggal pembangunan rumah. Pondasi yang sudah ada sekitar 9×7 meter.
    Kira2 berapa biaya yang harus saya siapkan untuk pembangunan rumah kayu ini.

    Salam,
    sugandi

  28. Selamat sore pak, sy punya lahan 250 m2 berapa kalau 6 x 8 M msh sama hrg kah dgn iklan ini?
    Tanah sy di Jl. Bukit Raya , Punclut dekat RS AURI.

    Tlg di balas ke johnpeter@cbn.net.id ato 0816869886

    Tks

  29. anuuu pengen nanya, semua materialnya itu kayu kelapa?? kalo strukturnya (kolom-balok) nya kelapa juga,gmana tu joinnya??? thanks 4 replay

  30. Ass.
    perkenalkan sy uus, tinggal di karawang, punya tanah kavling luas +/- 280 m2 panjang 20 m x lebar 14m , konsep rumah bapa bagus banget, sejujurnya saya tertarik, cuma budget masih minim, jadi sebatas tanya dulu ya pak, pertanyaannya dimana saya bisa lihat bentuk aslinya rumah tersebut ?, thank’s pak

  31. di pakai dak kuat gak ya

  32. mohon informasinya model rumah dan price listnya

  33. mohon informasinya model rumah dan price listnya untuk bahan bakunya dari kayu kelapa

  34. Kayu kelapanya bisa dibeli dimana ya ? Di sekitar pekanbaru ada ?

  35. Sy punya tanah 290 mtr di Cilangkap Jakarta.
    Sy tertarik dng rumah kayu kelapa dng 3 Kmr( 1 Kmr utama KM dalam dan 2 Kmr luar). Serta garasi unt 2 Mobil.
    Perkiraan biaya yg disiapkan brp unt Rmh dan Bangunan KM nya. Kalau bisa dengan gambar nya spt apa?

    Trims, BPK Dento Priyono / Bandung

    • Untuk lebih jelasnya langsung saja hubungi 081321181844

  36. Pa, kalau digunakan untuk pelapis dinding eksterior bagus ngga ya? Saya ingin mengkombinasikannya dengan batu alam. Dimana saya bisa beli kayunya?

    Terima kasih


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

