Posted by: mejagambar | October 7, 2009

Menghadirkan Ruang Keluarga di Kabin VW Combi

Salah satu keinginan saya adalah memiliki sebuah mobil VW Combi, karena menurut saya mobil ini sangat nyaman, kabinnya luas, suspensinya empuk (maklum…. mobil Eropa)  dan memiliki teknologi yang canggih (pada zamannya) seperti system pendinginan udara pada mesin yang prinsip kerjanya mirip dengan prinsip kerja turbin udara, yang bisa mendinginkan mesin melalui pendinginan oli oleh udara, juga mesin yang sering disebut jenis Boxer, yaitu posisi keempat silindernya yang horizontal (tidak seperti mobil jepang yang posisi silindernya tegak) jenis mesin ini memiliki karakter tenaga yang besar. Posisi mesin yang berada dibelakang, sama dengan mobil sport Porsche atau Ferrari. Mobil ini memiliki beberapa nama, yaitu VW Type 2, VW Bus, VW Camper Van, dan di Indonesia lebih dikenal dengan nama VW Combi.

Bila memiliki mobil ini saya akan melakukan perubahan di bagian interior. Mungkin saya bukan yang pertama melakukan perubahan ini, sudah banyak VW Combi yang diubah bagian interiornya. Karena saya belum memiliki mobil ini jadi saya mencoba memvisualisasikan ide perubahan interior melalui gambar. Konsepnya adalah menghadirkan ruang keluarga.

1

Bagian kabin depan tidak ada perubahan yang besar, hanya jok standart saya ganti dengan jok yang lebih nyaman dan ergonomic (dengan model jok mobil masa kini), yang terdapat setelan kemiringan sandaran belakang, head rest, dan setelan maju-mundur posisi jok.

2

Bagian tengah kabin diubah total, semua jok standar dicopot, bagian lantai dilapisi dengan parquette, yang bagian bawahnya dilapisi terlebih dahulu dengan multipleks 6mm, lalu dilapisi dengan spons untuk meredam getaran. Untuk tempat duduk dibuatkan sebuah sofa yang berbentuk siku. Sofa yang bagian belakang bila ditarik ke depan akan menjadi sebuah kasur yang bisa digunakan oleh dua orang. Sedangkan sofa yang berada di samping pada bagian bawahnya terdapat ruang penyimpanan, yang bisa digunakan untuk menyimpan sepatu,sandal dan berkas-berkas pekerjaan saya. (karena kemungkinan mobil ini akan saya gunakan sehari-hari untuk kerja) di bagian depan dibuat lemari yang terdiri dari tiga bagian; bagian sebelah kiri terdapat sebuah TV, dan dibagian dalamnya terdapat DVD Player, dan Play Station. Perangkat ini bisa digunakan apabila melakukan perjalanan jauh bersama keluarga. Lemari bagian tengah tempat menyimpan makanan, seperti biscuit, mie instant dan makanan kemasan lainnya. Di lemari sebelah kanan terdapat lemari es kecil, yang dapat menampung beberapa kaleng softdrink dan air mineral dan diatasnya ada sebuah lampu meja, yang bisa digunakan untuk lampu baca. Lalu setiap jendela dipasang gordyn untuk menghindari terik matahari dan untuk privasi. Semua lemari dan tempat penyimpanan dibuat dari bahan kayu MDF, yang kuat tetapi ringan.

3

Pada kabin bagian belakang (di atas mesin) digunakan sebagai bagasi, namun dibuatkan penutup pada bagian atasnya sehingga terlihat lebih rapi. Di belakang juga dibuatkan sebuah lemari kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan pakaian ganti dan sebuah oven microwave untuk menghangatkan makanan atau memasak mie instant. Di bagian ini juga dibuatkan sebuah box subwoofer dan sebuah power amplifier untuk mendukung perangkat Car Theatre.

4

Mudah – mudahan dalam waktu dekat ini saya bisa membeli mobil ini dan mulai mewujudkan ide saya.

5

Ada yang mau ngasih saya VW Combi ???

(Visualisasi menggunakan Google Sketchup 6)

About these ads

Responses

  1. heu`.. jangankan kang ali risma jg mau VW Combi..
    apalagi gratis,, tapi kang idenya keren juga..
    entar kalo punya VW Combi risma mau a di designin.. hehehehe…

  2. ide yang bagus bgt kang…..

    thx ats inspirasinya…. kalo g ada halangan insyaalloh minggu2 ini saya bakal punya nih…. hehehe…..

    semoga bisa ngewujudin impiannya juga dech..

  3. Dimana sy bs hubungi untuk buat design lainnya, trm ksh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: