Posted by: mejagambar | November 11, 2009

Pengembangan Rumah Type 22/60

Tanya:

Saya punya rumah type 22, dengan luas lahan 60 m2. rencananya rumah ini akan kami kembangkan dan kami tingkatkan menjadi 2 lantai. Ruang yang kami butuhkan adalah:

  1. Ruang Tidur utama
  2. Ruang tidur anak  (2 buah)
  3. Kamar mandi/ WC (2 buah)
  4. Ruang Tamu
  5. Ruang Keluarga
  6. Ruang Makan
  7. Dapur
  8. Ruang cuci & Jemur
  9. Carport

eksisting

 

Model bangunan inginnya yang bernuansa modern (minimalis), tidak terlalu megah karena rumah di sekitarnya modelnya sederhana. Mohon bantuannya, desain seperti apa yang cocok untuk rumah saya, sebelumnya, terimakasih banyak atas bantuannya

Hormat Saya,

Vera, di Bandung

Jawab:

Dengan lahan yang terbatas pemanfaatan ruang harus optimal, namun harus diperhatikan juga sirkulasi udara dan cahaya agar rumah tidak berkesan sumpek dan gelap.

pengembangan

Agar bisa digunakan sebagai carport, teras depan saya pindahkan ke sebelah kiri, ruang tidur saya jadikan ruang tamu. Lalu ruang serbaguna saya jadikan ruang tidur utama. Posisi kamar mandi tidak berubah, hanya posisi pintunya yang saya pindah ke belakang. Ruang makan menjadi satu kesatuan dengan dapur. Di samping, masih disisakan ruang terbuka (taman) untuk sirkulasi udara dan sumber cahaya alami.

Di lantai atas, dua buah kamar tidur anak berada berdampingan di bagian depan, sementara di bagian belakang terdapat ruang keluarga yang cukup besar. Di atas taman ada void untuk sirkulasi udara dan cahaya. Kamar mandi berada sama posisinya dengan yang ada di bawah. Lalu tangga ada di bagian belakang, sehingga tidak menyita ruang. Untuk ruang cuci dan jemur saya letakan di lantai 3 (atap) yang dapat dicapai dari sebuah tangga putar.

Model bangunan dibuat sesimpel mungkin agar tidak terlalu mencolok dari bangunan di sekitarnya. Agar tidak berkesan datar, beberapa bagian dipasang batu temple, sementara untuk jendela kamar di lantai atas di beri teralis agar cahaya matahari tidak terlalu membuat silau.

pengembangan rumah type 22

Demikian yang bisa saya sampaikan di sini, semoga jawaban saya dapat memuaskan anda. Terima kasih.

Hormat saya,

Ali Kusmayana, ST.

Anda punya masalah seputar pembangunan dan pengembangan rumah?

Kirimkan pertanyaan sejelas mungkin dan sertakan denah asal rumah lengkap dengan ukuran, arah mata angin, kondisi sekitar (jalan, sungai, dll) ke e-mail: mejagambar@rocketmail.com

Atau bila ingin desain yang lebih lengkap KLIK DISINI

Responses

  1. hai, salam kenal, kunjungi web poe yah http://iplogodesign.com/. poe bergerak di bidang brand consultant, menerima pembuatan logo untuk perusahaan maupun UKM

  2. lam kenal aza,,
    mhon bantuan nya saya mw nge bangun rumah type rmh nya 22/60, tp saya ingin model minimalis modern,mohon bantuan nya untuk gambaran type seperti itu.terima kasih

    • salam kenal juga mas Banyu,
      mau membangun rumah type 22 atau mengembangkan rumah type 22?
      saya bisa bantu, tapi mungkin harus lebih spesifik lagi keinginannya seperti apa?
      terima kasih sudah mampir

    • Salam Kenal,
      Saya ingin bertanya untuk merenovasi rumah dengan ukuran 22/60 untuk 1 lantai yang saya butuhkan ;
      1. Kamar utama
      2. Kamar anak
      3. Dapur
      4. Kamar mandi
      5. Tempat cuci
      6. Ruang tamu
      7. Ruang tamu & keluarga
      Mhn bantuannya & estimasi harganya, terima kasih sebelumnya

  3. klo ruma h tipe22/60 dikembangkan hanya satu lantai saja gimana yg saya butuhkan:
    1. kamar tidur
    2.dapur
    3. tempat cuci pakaian ( mengunakan mesin cuci)
    4. carport
    5. klo bisa kamar mandi ( jadi 2 )
    mohon bantuanya trus kira2 biayanya brapa ya….
    trims,

    • denahnya apakah sama dengan denah yang di atas?

  4. denahnya sama dengan yang diatas

  5. kalau pengembangan rumah tipe 24/72 masih bisa sama dengan 22/60???

  6. kalo pengembangannya cuma 1 lantai cuma kamarnya jadi 2 gimana baiknya?
    ukurannya hampir sama dg contoh di atas, cuma lebarnya 5 m en panjangnya 12 m, en ruang serba gunanya 3,5 m. So, masih ada sisa dibelakang 4,5 m dg lebar 5 m.
    thanks alot atas sharingnya.

    • Nanti saya buatkan desain pengembangan 1 lantai….
      terima kasih atas kunjungannya.

      • kalo pengembangannya cuma 1 lantai cuma kamarnya jadi 2 gimana baiknya?
        ukurannya hampir sama dg contoh di atas, cuma lebarnya 5 m en panjangnya 12 m, en ruang serba gunanya 3,5 m. So, masih ada sisa dibelakang 4,5 m dg lebar 5 m.
        thanks alot atas sharingnya.

    • Mohon bantuannya,saya mau mengembangkan rumah type 22/60 dgn ukuran 5×12 yang saya butuhkan :
      1. kamar tidur utama
      2. kamar tidur anak
      3. kamar mandi dan tempat cuci
      4. dapur
      5. ruang tamu
      6. ruang keluarga
      7. carport
      Gambar awal seperti yang diatas,terima kasih

  7. Salam kenal nih..
    saya memiliki rumah tipe22/60 dikembangkan hanya satu lantai saja gimana yg saya butuhkan:
    1. kamar tidur (2)
    2.dapur
    3. tempat cuci pakaian ( mengunakan mesin cuci)
    4. carport
    5. kamar mandi dengan kloset pisah

    mohon bantuanya trus kira2 biayanya brapa ya….
    trims,

  8. Salam kenal nih..
    saya memiliki rumah tipe22/60 dikembangkan hanya satu lantai saja gimana yg saya butuhkan:
    1. kamar tidur (2)
    2.dapur
    3. tempat cuci pakaian ( mengunakan mesin cuci)
    4. carport
    5. kamar mandi dengan kloset pisah

    Denahnya sama seperti diatas. mohon bantuanya kira2 biayanya brapa ya….
    trims,

    • Salam kenal juga,……
      nanti saya coba buat dulu desainnya ya….

      • Salam kenal nih..
        saya memiliki rumah tipe22/60 dikembangkan hanya satu lantai saja gimana yg saya butuhkan:
        1. kamar tidur (2)
        2.dapur
        3. tempat cuci pakaian ( mengunakan mesin cuci)
        4. kamar mandi dengan kloset pisah

        mohon bantuanya trus kira2 biayanya brapa ya….
        trims,

      • saya sedang memikirkan desainnya

    • Salam kenal nih..
      saya memiliki rumah tipe22/60 dikembangkan hanya satu lantai saja gimana yg saya butuhkan:
      1. kamar tidur (2)
      2.dapur (sirkulasi udara dapur baik)
      3. tempat cuci pakaian
      4. kamar mandi

      mohon bantuanya trus kira2 biayanya brapa ya….(mohon dikirim ke email saya :nyonk_teo@yahoo.com
      trims,

    • Salam kenal….
      Sayamemiliki rumah tipe 22/60 mau dikembangkan hanya satu lantai saja.
      saya butuh :
      1. Kamar tidu 2
      2. kamar mandi dengan kloset pisah
      3. dapur
      4. ruang tamu
      5. ruang makan
      6. tempat cuci pakaian atau perabotan

      mohon bantuannya, dan kira2 biayanya berapa?
      Thanks,

  9. wah…ide cemerlang dan bagus sekali desain rumah tipe 22/60, simpel dan sederhana. saya suka sekali, kira2 perlu biaya berapa untuk renovasi diatas? saya tinggal di Cikarang- Bekasi
    melihat kondisi perumahan saat ini, sepertinya harus buat pondasi baru yah? Hmmm….

  10. Salam kenal.
    Saya ingin bertanya jika type 22/60 berapakah dana yg harus di keluarkan untuk bisa menjadi tempat hunian yg anda maksud seperti gambar di atas?
    Mohon rincianya di kirim via email saya.
    trims sukses selalu untuk anda

  11. slm kenal….
    saya memiliki rumah type 22/108
    dikembangkan hanya satu lantai saja dan msh ada sirkulasi udara dan terkesan tidak sumpek.
    yg saya butuhkan :
    1. kmr tdr (2)
    2. dapur
    3. kamar mandi
    4. ruang tamu
    5. ruang makan
    6. carport
    7. tempat cuci pakaian ( menggunakan mesin cuci)
    terima kasih.

  12. salam kenal nih…
    saya memiliki rumah type 22/108. saya ingin rumah minimalis yang dibangun 1 lantai saja. saya ingin rumah saya ada sirkulasi udara dan terlihat tidak sumpek.
    denah rumah saya seperti denah lantai bawah yang meja gambar buat diatas, hanya saja tidak selengkap itu. rumah saya hanya ada carport,ruang tamu,kamar tidur dan kamar mandi. tapi kamar mandi saya tepat disebelah kamar tidur.
    yang ingin saya tanyakan, tatanan seperti apa yang cocok untuk rumah saya?? truz berapa dana yang harus saya keluarkan? karena yang saya butuhkan :
    1. kamar tidur (2)
    2. kamar mandi
    3. ruang tamu
    4. dapur
    5. ruang makan
    6. carport
    7. tempat cuci pakaian (menggunakan mesin cuci)
    terima kasih atas bantuannya.

  13. saya mempunyai rumah 22/60, sy ingin menjd rmh minimalis 1 lantai dan ada taman kecil dibelakang rumah serta percahayaannya, trima kasih

  14. Dear Mas,
    Salam Kenal, saya berencana membuat garasi mobil dengan ukuran tanah 4m X 7m, dan diatasnya mau saya buat 1 buah kamar + kamar mandi di dalamnya semuanya dengan material kayu kelapa, mohon masukannya ya mas

    • Bisa saja mas, tapi untuk kayu kelapa bentangan maksimalnya 2,7m bila lebih dari itu akan melendut. untuk bentangan 4m, sebaiknya menggunakan struktur beton bertulang atau baja (kolom dan balok), selebihnya bisa menggunakan bahan kayu kelapa

  15. Salam kenal Mas Ali ya,
    saya memiliki rumah tipe22/60 dikembangkan hanya satu lantai saja gimana yg saya butuhkan:
    1. kamar tidur (2)
    2.dapur
    3. tempat cuci pakaian (mesin cuci)
    4. carport
    5. kamar mandi dengan kloset pisah

    mohon bantuanya trus kira2 biayanya brapa ya….
    trims,

  16. Saya punya rumah type 22/60 desainnya sama seperti gambar diatas, sisa tanag dibelakang adalah lebar 6M, panjang 3 M, saya ma buat satu kamar sisanyanya saya pakai untuk dapur tempat cuci jemuran dan taman sebagai informasi dapur tempat cuci dan jemuran saya lose tanpa atap mohon dibantu kts

  17. mas, tolong donk diksih estimasi biaya nya sekalian..hehe makasih ya sebelumnya.. :)

  18. aku pengen bangun rumah type 22/60…bagusnya gimana ya ??? Pengen ada kitchen set + ruang makan juga….untuk jemuran pengen d’belakang aja+ towernya…..kamarnya klo d’buat 2,sempit bgtz ga ???pengen ada garasi + tman kecilnya….desainnya agak mirip sama yg d’atas…tp aku ga mau d’tingkat…sekalian rinciin dananya donk…makasih….

  19. salam kenal, ak pengen bangun rumah pengembangan dari type 22.
    luas tanah 75 m2 dan rumah sy posisinya di hook. tolong donk minta di bantu gambarnya 2 lantai

  20. Ass. Pak dengan renovasi sperti gambar diatas berapa kira-kira dana yang dibutuhkan ? terimakasih sebelumnya..

  21. salam kenal pak, kl mw renovasi rumah type 22/66 kira2 berapa dana yang dibutuhkan jika hanya 1 lantai saja?

  22. salam kenal

    saya cuman mau tany
    bgai mn carnya agar rmh kelihtan cantk bilah di bngun di atas lahan 12x8cm dengan model minimalis

    trimaksi sblumx

  23. asalamu’alaikum..
    saya mempunyai rumah tipe 23/85, kebetulan bagian belakang sudah dibangun dan rencananya saya mau merenovasi bagian depan rumah.
    yang saya inginkan di depan ada carport dan juga taman terbuka supaya masih ada cahaya yang masuk ke dalam rumah. luas tanah bagian depan yang tersisa 5 x 4,5 m. mohon bantuannya n terimakasih..

  24. salam semangat…
    sya ingin mnta solusi,sy pny rmh type 22/60,sya ingin mrencanakan…
    pnya kamar tdr 3 lantai atas 2 dn lantai bwah 1,ruang makan,ruang keluarga,ruang tamu,serta dapur.dan teras depan sya ingin mmbuat taman dan garasi mobil dn mtor…..
    sya ingin model rmh yg minimalis.
    trmksh atas solusi nya.

  25. Saya mau bangun rumah kayu sederhana 2 kamar, 1 ruang tamu 1 ruang keluarga 1 ruang makan..mohon sarankan denahnya…
    tks sebelumnya…

  26. Salam kenal ..

    Saya punya rumah type 22/60, sisa tanah dibelakang adalah lebar 6M, panjang 3 M, saya ma buat satu kamar sisanyanya saya pakai untuk dapur tempat cuci jemuran dan taman sebagai informasi tempat cuci dan jemuran saya lose tanpa atap mohon dibantu kts1. kamar tidur (2)

  27. salam kenal, saya burhanuddin … sedikit mau tanya, rumah saya type 22/66 mhn di buatkan denahnya bisa? anak saya 1 perempuan 1 laki. terima kasihh


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

