Posted by: mejagambar | August 19, 2009

Waterfront Resort

Terpikir untuk memiliki sebuah rumah peristirahatan di daerah wisata di Jawa Barat, daerah wisata bisa berupa pantai, sungai, atau danau. Rumah peristirahatan punya akses langsung ke perairan.

Ada beberapa lokasi yang sudah saya incar untuk membuat resort ini. lokasinya berada di tepi sungai yang tidak jauh dari pantai. Sungainya sendiri bermuara ke pantai, sehingga kita bisa berperahu menuju pantai melalui sungai.

home resort 1

Di lahan yang direncanakan, saya akan membuat sebuah komplek resort,  terdiri dari sekitar 10 unit resort, yang masing masing kavlingnya mempunyai akses langsung ke sungai. Luas kavling diperkirakan seluas 200 m2. Dua atau tiga unit untuk saya dan keluarga, sementara yang lainnya akan saya jual.

Di komplek resort tersebut saya akan membangun sebuah restoran, kolam renang kecil untuk anak-anak dan area terbuka untuk aktivitas outbond.

Bangunan terbuat dari kayu kelapa, yang tersedia banyak di daerah pesisir pantai. Bangunan dibuat dua lantai. Lantai bawah terdapat ruang terbuka, dapur dan kamar mandi. Lantai atas terdiri dari dua buah kamar tidur dan satu buah kamar mandi.

home resort 2

Dibagian kavling yang dekat sungai terdapat sebuah gazebo, dan kolam rendam (jacuzzi) yang ditutup oleh pergola kayu pada bagian atasnya. Lalu ada sebuah barbeque pit di depan rumah yang bisa digunakan untuk membakar ikan.

home resort 3

Pada bagian tepi sungai ada sebuah deck dari kayu yang bisa digunakan untuk memancing ataupun untuk menambatkan sebuah perahu.

Resort ini akan cocok bagi yang mempunyai hobby memancing, watersport (di sungai kita bisa bermain kano, kayak ataupun speedboat dan jetski).

home resort 4

Material yang digunakan diusahakan adalah material lokal yang banyak tersedia di sekitar lokasi, seperti kayu kelapa, bambu, batu karang dan material lainnya. Sehingga dapat menekan biaya pembangunan. Karena untuk mendatangkan material dari kota besar akan besar biaya pengangkutannya. (kecuali material yang memang harus didatangkan dari kota).

Perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu unit resort ini beserta kavlingnya adalah sekitar Rp. 250 jt. Selain digunakan sendiri, resort ini juga bisa disewakan apabila sedang tidak digunakan dan akan dikelola oleh manajemen resort, sehingga bisa menutupi biaya operasional pemeliharaan bangunan.

Ada yang berminat dengan ide saya?


Responses

  1. mantab bozz….kalo udah jadi saya mau beli dong…
    tapi lokasinya dimana neeh?

    • makasih…
      nanti kalo udah jadi mas hendra yang pertama saya hubungi.
      lokasinya masih nyari yang cocok mas.

  2. ok banget gambarnya, bagaimana caranya utk dapatkan gambaryang lebih detail ? thanks

  3. rumah dengan bahan-bahan lokal yang alami dan mudah di dapat memang harus dimasyarakatkan. Tugas anda sebagai arsitek sungguh mulia.

  4. Menarik nih, jadi jalan proyeknya ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: