Designografi

Desain Rumah Tinggal Di Lahan Melebar

Desain ini adalah desain rumah tinggal Bpk. Kadar Abidin, yang berlokasi di daerah Sumedang, Jawa Barat. Yang unik adalah bentuk lahannya yang lebar,yaitu 28 meter, sedangkan panjang ke belakang hanya 10 meter. Tentu saja bentuk lahan ini perlu desain yang tepat agar setiap ruang tetap mendapatkan pencahayaan alami dan udara yang optimal.

Lahan yang pendek tidak memungkinkan adanya taman yang besar di belakang. Untuk mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang baik, maka dibuatkan sebuah taman kering di bagian belakang, ukurannya kecil, tetapi menjadi semacam “cerobong udara” yang mengalirkan udara panas ke atas, sementara udara segar masuk dari bagian depan bangunan.

Taman depan yang cukup pendek, menjadikan rumah ini terlalu dekat ke jalan di depannya, untuk menghindari debu dibuatkan sebuah kolam di bagian depan bangunan hampir sepanjang bangunan. Uap air dari kolam diharapkan dapat menangkap partikel debu dari jalan di depan, sehingga udara yang masuk ke bangunan relatif lebih bersih.


Advertisements

8 thoughts on “Desain Rumah Tinggal Di Lahan Melebar”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s