Designografi

Pengembangan Rumah di Kavling 75m2

Sebuah desain rumah tinggal milik Bapak Badri Amin di perumahan Griya Bandung Indah, Bandung. Renovasi dari bangunan yang sudah ada. Terdiri dari dua lantai dan tambahan satu lantai mezzanine sebagai ruang kerja dan musholla.
denah gbi
Walaupun lahannya kecil namun ruangannya cukup lengkap dan dapat mewadahi aktivitas seluruh penghuni rumah ini.
view 1
Lantai bawah terdiri dari ruang tamu, ruang tidur tamu, ruang tidur utama, dapur dan ruang makan serta satu kamar mandi. Dibagian belakang terdapat taman kecil yang berfungsi untuk sirkulasi udara dan pencahayaan alami.
view 2
Lantai atas terdiri dari tiga ruang tidur, ruang keluarga, kamar mandi dan ruang cuci/jemur. Sebuah balkon di bagian depan yang dapat diakses dari ruang tidur, serta void di bagian belakang yang tembus ke taman belakang di bagian bawahnya.
view 5
Lantai mezzanine merupakan sebuah ruang yang berada di bawah atap, yang dimanfaatkan untuk ruang kerja dan musholla, lantainya terbuat dari kayu.

Karena renovasi ini tanpa membongkar lantai bawahnya, sehingga pada beberapa bagian struktur harus “disuntik” untuk memperkuat strukturnya, selain itu pemilihan material lantai atas yang diupayakan seringan mungkin, sehingga tidak terlalu membebani struktur di bawahnya, untuk itu dipilih bata ringan aerasi sebagai bahan dinding, plat lantai dapat menggunakan blok beton ringan ataupun plat lantai keraton (keramik beton), selain agar ringan juga proses pengerjaannya yang relatif lebih cepat.

1 thought on “Pengembangan Rumah di Kavling 75m2”

Leave a comment