Posted by: mejagambar | January 1, 2014

Rumah Baja di Puncak Bukit

Posting pertama di 2014

Sebuah desain pondok peristirahatan di puncak bukit di daerah timur Bandung.
Pada awalnya didesain menggunakan kayu, namun untuk alasan kecepatan pembangunan dan kekuatan bangunan maka diputuskan untuk struktur menggunakan baja, alasan lainya adalah adanya bentang yang lebar yang tidak memungkinkan menggunakan struktur kayu.

Struktur utama menggunakan baja, sementara lantai dan dinding sebagian menggunakan kayu. Dinding sebagian besar menggunakan kaca untuk memaksimalkan pemandangan keluar, karena dari sini dapat melihat pemandangan kota Bandung dan sekitarnya.

Lokasi lahan berada di atas bukit, kondisi lahan juga cukup curam, hanya sebagian kecil yang datar, secara garis besar terdapat 3 level. Level 1 digunakan untuk entry kendaraan dan carport, level 2 digunakan untuk kebun dan rencana kolam ikan, level 3 digunakan untuk area pondokan.

Massa bangunan terbagi 2, yaitu bangunan utama dan dapur yang didesain bergaya warung. Lalu dilengkapi juga dengan kolam renang (pada awalnya sebenarnya untuk kolam pancing).

Bangunan terdiri dari dua lantai, yang hanya terdiri dari ruang tidur dan ruang terbuka/ ruang keluarga. Juga kamar mandi.

Untuk dinding penahan tanah digunakan grassblock yang dipasang di tanah yang cukup curam, yang kemudian ditanami rumput untuk memperkuat dinding, juga sebagai resapan air.

Bagi yang berminat bangun rumah baja silahkan hubungi:
081 321 1818 44 atau 081 321 457 182

denah

view1

view2

view3

view4

view5

view6

view7

view8


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: